Pilkada 2024, Habiburokhman: Gerindra Pertimbangkan Dedi Mulyadi

 


Persiapan menjelang Pilkada 2024 semakin memanas dengan berbagai pihak mulai menunjukkan dukungan terhadap kandidat potensial. Dalam perkembangan terbaru, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, menyatakan bahwa kader partainya, Dedi Mulyadi, layak untuk diusung dalam Pilkada Jawa Barat 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan setelah Gerindra memberikan surat rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024. Habiburokhman menegaskan bahwa keputusan akhir terkait calon gubernur dan wakil gubernur sepenuhnya ditentukan oleh Prabowo Subianto sebagai ketua umum Gerindra.

"Dedi Mulyadi, kader kami yang kemarin all out memenangkan Prabowo-Gibran, secara teoritis layak dicalonkan," ujar Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Selasa (4/6).

Namun demikian, Habiburokhman juga menekankan pentingnya berkomunikasi dengan partai-partai lain untuk menyatukan dukungan dalam Pilkada Jabar nanti.

Di sisi lain, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengonfirmasi bahwa partainya telah mengeluarkan surat rekomendasi bagi Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Dasco meyakini bahwa Golkar juga akan mengusung Ridwan Kamil di Jakarta, bukan di Jabar.

Meski demikian, Golkar menyatakan akan menunggu hasil survei dan melakukan kajian mendalam sebelum mengambil keputusan terkait langkah Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta. Ridwan Kamil sendiri telah mengantongi dua surat rekomendasi dari Partai Golkar untuk maju di Jabar dan Jakarta.

Sementara itu, Gerindra sempat mengeluarkan nama Budisatrio Djiwandono sebagai calon potensial di Jakarta, namun Budisatrio membantah dan menyatakan akan meneruskan karirnya sebagai anggota DPR 2024-2029.

Dengan persiapan yang semakin intens, Pilkada 2024 di Jawa Barat dan Jakarta diprediksi akan menjadi pertarungan politik yang menarik dengan berbagai kandidat yang potensial.