Meski Ganti Kadisdik, Bey Machmudin Pastikan PPDB 2024 Lancar

 


Penjabat Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Machmudin, menegaskan bahwa proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMA, SMK, dan SLB akan tetap berjalan lancar meskipun terjadi pergantian pimpinan di Dinas Pendidikan Jabar.

Saat ini, Wahyu Mijaya, yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Jabar, telah dilantik menjadi Penjabat Bupati Cirebon pada Jumat (17/5/2024). Bey mengungkapkan bahwa dia telah menyiapkan nama pelaksana harian (Plh) untuk mengisi posisi tersebut sementara waktu.

"Kami akan mencari Plh yang tepat. Yang pasti Plh-nya tidak dari jabatan di bawahnya (eselon III), tetapi dari yang selevel (eselon II). Bisa jadi kadis atau kepala biro," ujar Bey di Gedung Sate, Bandung, Kamis (16/5).

Bey menambahkan bahwa tujuan utama adalah memastikan PPDB tidak terganggu sama sekali. "Intinya kami ingin tidak terganggu sama sekali (PPDB), saya yakin sistem birokrasi di Pemprov Jabar sudah baik."

Untuk menjaga integritas proses PPDB, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah membuat pakta integritas yang harus ditandatangani oleh kepala bidang dan kepala cabang dinas (KCD). "Pakta integritas ini komitmen, jangan membuat hal-hal kecurangan, jadi sesuai dengan norma-norma," tegas Bey.

PPDB Jabar 2024 untuk jenjang SMA, SMK, dan SLB akan dimulai dengan seleksi tahap pertama pada 3–7 Juni mendatang. Dengan adanya jaminan dari Bey Machmudin, diharapkan proses penerimaan siswa baru ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai aturan.