Menang Liga 1, Pemprov Jabar Kasih Persib Kadedeuh Rp500 Juta

 


Tim sepak bola kebanggaan Jawa Barat, Persib Bandung, mendapat kado istimewa dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sebagai penghargaan atas keberhasilan membawa pulang tropi Championship Series Liga 1 2023/24, Persib menerima kadedeuh senilai Rp500 juta dari Perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Jawa Barat. Kegembiraan ini turut dirasakan oleh seluruh warga Jawa Barat, yang telah menantikan gelar juara tersebut selama satu dekade.

Pada Selasa (4/6/2024) lalu, di Gedung Sate, kado istimewa tersebut diserahkan secara langsung oleh Pelaksana Tugas (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, kepada para pemain dan manajemen Persib Bandung. Bey Machmudin menyampaikan bahwa kadedeuh ini diberikan sebagai wujud apresiasi yang tulus dari Pemerintah Jawa Barat atas prestasi gemilang Persib Bandung.

"Kadedeuh dari BUMD Jabar sebesar Rp500 juta, itu saya sampaikan kepada mereka (BUMD), tidak memaksa dan tidak melarang dan sesuai kemampuan dan aturan yang berlaku, toh Persib sudah profesional," ujar Bey.

Kadedeuh senilai setengah miliar rupiah ini juga dianggap sebagai tanda kasih sayang dari pemerintah kepada Persib Bandung oleh Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar. Menurutnya, nilai nominal kadedeuh tidaklah relevan dibandingkan dengan kehangatan dan dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Jawa Barat.

"Saya senang, tidak melihat nilainya berapa. Ini tandanya, nyaah (sayang) kepada para pemain karena Persib jadi juara," ucap Umuh.

Reaksi positif juga datang dari pemain Persib Bandung, seperti yang disampaikan oleh Henhen Herdiana. Dia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat atas kadedeuh tersebut dan berharap bahwa penghargaan ini akan menjadi motivasi lebih bagi tim untuk mencapai kesuksesan di musim-musim berikutnya.

"Kita diundang kesini diberi apresiasi yang berbentuk kadedeuh dan mudah-mudahan di musim selanjutnya kita bisa memberikan yang terbaik lagi," ujar Henhen.

Pemberian kadedeuh senilai Rp500 juta dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Persib Bandung bukan sekadar bentuk materi, namun juga simbol dari dukungan dan apresiasi yang besar terhadap prestasi tim sepak bola tersebut. Semoga, dengan dukungan ini, Persib dapat terus meraih kesuksesan dan menjadikan Jawa Barat bangga di pentas sepak bola nasional.