Cegah Kecurangan, Bey Machmudin Jaga Transparansi PPDB 2024

 


Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, mengumumkan bahwa layanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun 2024 di Jawa Barat telah pulih setelah mengalami gangguan pada hari pertama peluncurannya.

Meskipun pada awalnya terjadi masalah teknis akibat lonjakan pengunjung yang signifikan, Bey Machmudin memastikan bahwa pada hari Selasa (4/6/2024), situasi tersebut telah diperbaiki dan layanan kini dapat diakses dengan lancar melalui situs web yang disediakan.

"Kemarin memang server nya drop tapi hari ini sudah diperbaiki dan sepertinya sudah baik dan ya tinggal pelaksanaan. Hari ini saya cek sudah bagus," ujar Bey Machmudin saat diwawancarai di Gedung Sate Bandung.

Bey Machmudin juga menegaskan bahwa langkah-langkah antisipatif telah disiapkan untuk mengatasi kemungkinan gangguan serupa di masa depan. Ini termasuk melakukan tes stres secara rutin pada server online dan aplikasi yang digunakan untuk PPDB.

"Antisipasinya pertama sudah disiapkan jadi sudah stress test, kita cek juga di aplikasi jangan sampai ada yang menahan (server), sudah dicek ulang semuanya insyaallah sudah lancar," tambahnya.

Selain itu, Bey Machmudin juga mengungkapkan penyelesaian terhadap masalah koneksi dengan Dukcapil yang mengalami gangguan pada hari sebelumnya.

"Kemarin juga ada yang protes tidak terkoneksi dengan Dukcapil, sekarang sudah," paparnya.

Meskipun layanan PPDB telah kembali normal, Bey Machmudin tetap menekankan pentingnya menjalankan proses pendaftaran tanpa adanya kecurangan.

"Bey tetap mewanti-wanti agar PPDB berjalan tanpa ada kecurangan yang dilakukan pihak manapun," ungkapnya.

Dalam keterangannya, Bey Machmudin juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga transparansi dan integritas selama proses pendaftaran PPDB berlangsung.

"Ia berharap tidak ada lagi cerita yang muncul ke publik tentang titip menitip dan juga menggunakan kenalan orang dalam saat pendaftaran," demikian disampaikannya.

Dengan demikian, diharapkan bahwa proses PPDB di Jawa Barat tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar, adil, dan transparan bagi semua pihak yang terlibat.