Permudah Daftar PPDB 2024, Pemprov Jabar Luncurkan Sapawarga

 


Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemda Jabar) telah meluncurkan aplikasi inovatif, Sapawarga Jabar Super App, sebagai platform resmi untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan publik dan memastikan keadilan dalam proses penerimaan siswa baru di seluruh wilayah provinsi.

Dalam konferensi pers yang diadakan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar, Ika Mardiah, diungkapkan bahwa penggunaan Sapawarga Jabar Super App sebagai platform PPDB merupakan bagian dari komitmen Pemda Jabar untuk mengedepankan inovasi dalam pelayanan publik melalui pengembangan teknologi informasi.

"Aplikasi Sapawarga Jabar Super App merupakan langkah strategis kami untuk meningkatkan kemudahan, keterbukaan, dan akuntabilitas dalam proses PPDB 2024," ujar Ika Mardiah.

Dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, Sapawarga Jabar Super App menawarkan berbagai keunggulan, termasuk pengingat otomatis, informasi sekolah dengan kuota dan jarak dari domisili, tracking status pendaftaran, perhitungan skor dan ranking, serta pengumuman hasil seleksi secara realtime. Teknologi geocoding digunakan untuk mendeteksi domisili secara otomatis, sementara pengaduan PPDB dipermudah melalui teknologi omnichannel dan chatbot berbasis kecerdasan buatan.

Fitur-fitur ini didesain untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan informasi yang akurat dan transparan terkait proses PPDB. Selain itu, Sapawarga juga memberikan rekomendasi sekolah bagi orang tua/wali atau calon peserta didik yang masih memerlukan panduan dalam memilih sekolah tujuan.

Pembaruan teknologi pendeteksian jarak domisili dan verifikasi otomatis koordinat lokasi domisili pendaftar juga dilakukan untuk meningkatkan akurasi, terutama dalam jalur zonasi. Data di Sapawarga akan selalu terintegrasi secara realtime dengan website PPDB, sehingga masyarakat dapat mengandalkan konsistensi data antara kedua platform tersebut.

Aplikasi Sapawarga Jabar Super App kini tersedia untuk diunduh melalui Google Play Store dan App Store, memastikan akses yang mudah bagi pengguna Android maupun iOS di seluruh Jawa Barat.

Dengan peluncuran Sapawarga Jabar Super App, diharapkan proses PPDB tahun ini dapat berjalan lebih lancar, bersih, objektif, transparan, dan akuntabel, serta memberikan nilai tambah dalam pelayanan publik di Jawa Barat.