DPRD Jabar Terima Kunjungan DPRD Kabupaten Bogor, Bahas PAD

 


Bandung, Ekspos Jabar - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menerima kunjungan kerja dari DPRD Kabupaten Bogor yang bertujuan untuk berkonsultasi mengenai strategi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kunjungan ini diterima langsung oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Jawa Barat, Sugianto Nanggolah.

Dalam pertemuan tersebut, Sugianto Nanggolah menyampaikan pentingnya diversifikasi sumber pendapatan daerah. Menurutnya, pembangunan daerah tidak bisa hanya mengandalkan pajak daerah, sehingga diperlukan pencarian sumber pendapatan lain agar PAD meningkat setiap tahun.

Sugianto memberikan beberapa rekomendasi strategis untuk meningkatkan PAD Kabupaten Bogor. Pertama, ia menekankan pentingnya pembentukan dan pengoptimalan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Sugianto menggarisbawahi bahwa DPRD Kabupaten Bogor harus mengawasi dan mendorong upaya ini karena BUMD dapat menjadi sumber pendapatan yang signifikan bagi daerah.

Selanjutnya, optimalisasi aset daerah juga menjadi fokus penting. Pengelolaan aset daerah yang lebih baik dapat memberikan kontribusi besar terhadap PAD. Sugianto mengusulkan agar aset-aset tersebut dimanfaatkan secara lebih efektif dan efisien.

Selain itu, peningkatan penerimaan dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) juga menjadi salah satu langkah strategis yang disarankan, terutama dari kendaraan yang tidak melakukan daftar ulang (KTMDU) atau menunggak pajak. Ini dinilai sebagai langkah penting dalam menambah pendapatan daerah.

Sugianto juga mendorong pengembangan potensi wisata di desa-desa sebagai sumber pendapatan baru yang menjanjikan. Ia mendorong DPRD Kabupaten Bogor untuk mengidentifikasi dan mengembangkan desa-desa dengan potensi wisata yang tinggi.

Dalam kesempatan itu, Komisi II dan IV DPRD Kabupaten Bogor mengapresiasi saran-saran yang diberikan dan berkomitmen untuk mengimplementasikan langkah-langkah strategis tersebut demi peningkatan PAD Kabupaten Bogor. Kunjungan kerja ini diharapkan dapat membuahkan hasil yang positif bagi kedua belah pihak, dengan peningkatan PAD yang berkelanjutan dan pembangunan daerah yang lebih baik di Kabupaten Bogor.