by

Didi Sukardi Desak Pemprov Jabar Perhatikan Peternak Ayam

Ketua Komisi II Provinsi Jawa Barat DPRD Didi Sukardi meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengeluarkan kebijakan yang harus memperhatikan kelompok peternak ayam di Jawa Barat.

Saat ini kondisi peternak ayam di Jawa Barat sedang mengalami masalah yang kompleks. Salah satu masalah adalah kenaikan harga benih ayam atau Day Old Chicken (DOC), yang dikhawatirkan akan mempengaruhi kerugian yang diderita petani, kata Didi Sukardi, terganggu oleh kunjungan kerja Komisi II DPRD Jawa Barat ke Jatiwangi. Pusat Pengembangan Pemuliaan Unggas di Kabupaten Majalengka, Kamis (16/5/19).

Selain kenaikan harga benih ayam, Didi mengatakan bahwa ada kendala anggaran makanan, terjadinya anomali unggas, dan kurangnya inkubator adalah masalah yang dialami oleh sebagian besar komunitas peternak ayam di Jawa Barat.

“Saya berharap Pemerintah Provinsi perlu mengambil kebijakan yang cepat dan tepat untuk menyelamatkan petani yang merupakan pendorong ekonomi masyarakat,” katanya.

“Pemerintah juga harus menyediakan ruang bagi para petani untuk bertahan hidup dan berkembang,” katanya.

Didi menambahkan, Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat akan segera menindaklanjuti masalah ini dengan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait.

“Kami tentu akan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mencegah mahalnya biaya fasilitas produksi seperti kenaikan harga bibit ayam sehingga kerugian ekonomi dapat diminimalisir,” katanya.