by

BIJB Layani Haji dan Umrah, Daddy: Sudah Sejak Musim 2018

Apakah keberadaan BIJB Kertajati telah digunakan sebagai embarkasi / keberangkatan Jama’at Haji dan Umrah 2019? Menurut Daddy, sejak September 2018 BIJB telah digunakan sebagai embarkasi keberangkatan para jamaah umrah. Namun, musim haji 2018 belum digunakan karena panjang runway / runway masih kurang dari 500 meter.

“Pada saat itu panjang landasan baru adalah 2.500 meter, kurang dari 500 meter, tetapi sekarang landasan telah ditambahkan 3.000 meter sehingga pesawat jenis Boing 777 dapat terbang / terbang yang akan digunakan oleh jemaah haji dari Jawa Barat”, dia berkata.

Lebih lanjut Daddy mengatakan, partainya juga telah mendengar bahwa pada musim haji 2019, BIJB Kertajati akan digunakan sebagai embarkasi keberangkatan para peziarah. Semoga semuanya bisa berjalan lancar sesuai rencana, katanya Sabtu (11/5-2019).

Untuk diketahui bahwa, tiga menteri, yaitu Menteri Koordinator Bidang Kelautan, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta pada Jumat (10/5-2019), memutuskan untuk menggunakan Bandara Kertajati sebagai embarkasi keberangkatan haji haji dari Jawa Barat mulai tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Kelautan Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa penerbangan Haji dan Umrah akan mempengaruhi lalu lintas penerbangan di Jakarta.

“Ini (penerbangan haji dan umrah dari Kertajati) akan mempengaruhi lalu lintas di Jakarta dan Kertajati akan berfungsi lebih baik,” kata Luhut.

Umrah dan Haji ini tentunya akan mendorong Bandara Kertajati untuk menjadi penghubung udara utama bagi Jawa Barat, selain itu juga telah diputuskan secara terpisah mengenai transportasi komersial (penerbangan) dari Bandara Husein Sastranegara (Bandung) ke Bandara Kertajati.