by

Ridwan Kamil Sebut Disdik Jabar Perlu Sosialisasi PPDB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sangat penting mengingat masih ada yang belum tahu aturan pada tahun sebelumnya. “Untuk itu, pihaknya akan menyiapkan tim pengawasan khusus PPDB 2019 yang memantau segala proses PPDB agar berjalan sesuai aturan,” ujarnya.

Selain memastikan Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (jabar) melakukan sosialisasi PPDB tingkat SMA/SMK, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil juga menyatakan akan menyiapkan tim pengawasan khusus PPDB 2019 yang diharapkan dapat memantau segala proses PPDB sehingga semua tahapan berjalan sesuai aturan.

Menurut Emil, sosialisasi sangat penting dalam rangka mengantisipasi potensi kekisruhan saat proses PPDB di banyak daerah. “Tapi, yang terpenting sosialisasi. pengalaman saya banyak yang marah dan demo karena tidak baca aturan di tahun itu,” ujarnya kepada Ekspos Jabar di Gedung Sate, Senin (23/4).

Disinggung aturan PPDB, Emil mengatakan masih mengikuti edaran zonasi 90 persen yang ditetapkan Kementerian Pendidikan. “Namun, untuk pelaksanaannya di Jabar akan dimodifikasi, menyesuaikan dengan kondisi geografis, tidak sama di seluruh Indonesia bagaimana menghitung jarak dan seterusnya,” ungkapnya.

Emil juga memastikan aturan resmi PPDB akan diumumkan minggu ini. Namun, secara umum aturan penerapan zonasi dalam PPDB tetap diberlakukan. “Jadi intinya akan ada bebe­rapa elemen aturan yang akan disesuaikan dengan kondisi di tiap wilayah,” pungkasnya.