by

49 Petugas Pemilu Gugur, Ineu: Jadi Bahan Diskusi KPU Jabar

Jumlah petugas penyelenggara Pemilu Serentak 2019 di Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang gugur usai bertugas terus bertambah, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Pusat Data dan Analisa Ekspos Jabar hingga Selasa (23/4/2019), jumlah petugas yang dinyatakan meninggal dunia mencapai 49 orang.

Terkait itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengucapkan bela sungkawa dan berterima kasih kepada para pahlawan demokrasi karena telah mewujudkan Pemilu Serentak 2019 yang aman, lancar dan kondusif.

“Tentunya nilai ini tidak sebanding dengan apa yang sudah dilakukan oleh para korban, tetapi ini akan memberikan catatan dan juga jadi evaluasi kedepan,” ujarnya kepada Ekspos Jabar di Gedung Sate, jalan Diponegoro, Selasa (23/4).

Ineu meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menjadikan mekanisme pelaksanaan petugas penyelengaraan sebagai bahan diskusi dan menjadi perhatian bersama. “Saya juga meminta kepada KPU Jabar agar kejadian ini menjadi bahan diskusi oleh pihak terkait,” ujarnya.

Selain itu, Ineu menjelaskan, pihaknya juga memantau secara langsung persiapan pemilu di Jawa Barat dan melihat bagaimana antusianya petugas penyelenggara pemilu pada saat itu. “Saya juga memantau secara langsung di lapangan melihat bagaimana teman-teman begitu antusias,” ungkapnya.

“tetapi juga karena mungkin faktor fisik dan, atau juga kelelahan kemudian mengakibatkan mereka menjadi korban dari pelaksanaan pemilu serentak kali ini,” ujar politisi yang juga menjabat Ketua Banteng Muda Indonesia (BMI) Jawa Barat.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih terhadap apa yang sudah beliau-beliau lakukan, tentunya beliau telah melakukan jasa-jasanya terhadap penyelenggaraan pemilu serentak 2019 yang aman, lancar dan kondusif di Jawa Barat ini,” pungkasnya.